Article Terbaru
Cara Menikmati Masa Pensiun yang Indah
26/07/2023 | Administrator
Bagi sebagian orang, masa pensiun mungkin terbayang akan suram dan membosankan. Padahal, Anda bisa menikmati masa pensiun yang indah dan produktif. Simak berbagai tips pada artikel ini agar Anda bisa menjalani masa pensiun dengan bahagia.

Infeksi virus corona memang menelan korban jiwa di beberapa negara di dunia, tetapi tidak sedikit pula pasien yang dinyatakan sembuh. Virus corona bisa menular dari hewan ke manusia atau dari manusia ke manusia. Gejala klinis yang muncul sebagai tanda infeksi virus tersebut, di antaranya batuk, pilek, nyeri tenggorokan, nyeri otot, hingga sakit kepala. 

SURVEY KEPUASAN PESERTA DANA PENSIUN ANTAM
27/08/2019 | Farah Yuliani
https://forms.gle/5rLyYSvkV18SGZqr6

Mengatur keuangan adalah hal yang tidak mudah untuk dilakukan oleh semua orang, terutama bagi yang tidak memiliki komitmen dan juga disiplin yang tinggi dalam hal ini. Berbagai kebiasaan buruk yang kita miliki seringkali membuat keuangan menjadi kacau dan tidak bisa berjalan dengan baik sebagaimana harapan kita.

Agar Masa Tua Damai dan Tenteram
24/10/2018 | Administrator
Norwegia, Swiss, dan Islandia adalah tiga negara yang dianggap tepat untuk menghabiskan masa tua.
“Kalau sudah pensiun nanti, saya ingin habiskan masa tua di New Zealand.”

Demikian ujar Martin Koehuan (27), seorang dosen di Institut Seni Indonesia, Yogyakarta, kepada Tirto. Ia sebelumnya hidup berpindah-pindah tempat mulai dari Jakarta, Kupang, Melbourne dan Yogyakarta.

“New Zealand tempat dan suasananya asik enggak terlalu crowded dan banyak best view di sana. Jadi cocok untuk menghabiskan hari tua,” lanjut Martin.

Meski usianya masih terbilang muda, menurut Martin, tak ada salahnya untuk mulai memikirkan di mana ia akan menghabiskan masa tuanya atau saat sudah pensiun nanti karena pensiun kini menjadi masalah sosial yang akan dihadapi dunia dalam beberapa tahun ke depan.

Menurut laporan US Census Bureau pada 2016, populasi penduduk yang berusia 65 tahun ke atas akan mencapai 15,6 persen dari total populasi pada tahun 2050. Jumlah yang terus bertambah ini menjadi tantangan bagi negara agar dapat mengakomodasi warga yang sudah pensiun dan lanjut usia. Di sisi lain, setiap individu kemudian “dipaksa” agar mulai memikirkan soal masa tua.

Tempat Tinggal Saat Pensiun

Saat pensiun, seseorang memiliki kecenderungan memilih untuk tinggal di tempat yang suasananya tenang. Tak jarang mereka yang merantau akan kembali ke kampung halamannya untuk menghabiskan masa tua di tempat tersebut.

Tempat seperti apa yang tepat bagi mereka yang sudah pensiun? Natixis mengeluarkan laporan Global Retirement Index 2017. Dalam laporan tersebut, Natixis memaparkan negara-negara yang dianggap mampu menyediakan lingkungan yang baik bagi mereka yang berusia di atas 65 tahun. Indikator pertama soal kesehatan. Kategori kesehatan ini berhubungan dengan ekspektasi hidup hingga biaya untuk kesehatan.

Faktor kesehatan memainkan peran penting dan perlu diperhatikan saat pensiun. Negara dengan akses kesehatan yang mudah dan terjamin menjadi salah satu tempat yang baik untuk masa tua, mengingat adanya kemunduran kesehatan dan ketahanan tubuh manusia ketika memasuki usia senja.

Luksemburg adalah negara dengan skor indeks tertinggi soal kesehatan yakni 92 persen. Hal ini karena Luksemburg masuk dalam lima besar soal pengeluaran untuk asuransi kesehatan. Ada juga Perancis, Norwegia, Belanda dan Swedia yang juga di anggap menyediakan lingkungan kesehatan yang baik bagi para pensiunan.
Indikator kedua berhubungan dengan kesejahteraan material yang mana Norwegia berada sebagai pemimpin dengan skor indeks mencapai 91 persen. Islandia, Swiss, Austria dan Luksemburg masing-masing berada di bawah Norwegia. Sedangkan untuk indikator ketiga berhubungan dengan keuangan pensiun. Singapura, Selandia Baru, Chile, Swiss dan Australia adalah negara-negara yang memiliki kekuatan keuangan bagi para pensiunan.

“Keuangan pensiun adalah indeks yang sangat penting, karena ini mencerminkan kekuatan sistem keuangan negara dan kemampuan perintah dalam menyediakannya bagi warga saat pensiun,” isi laporan tersebut.

Selain itu, indikator terakhir yakni soal kualitas hidup. Indikator ini berhubungan dengan kualitas udara, kebahagiaan hingga faktor lingkungan. Denmark, Finlandia, Norwegia, Swiss, dan Swedia adalah negara yang memiliki kualitas hidup yang baik dan dianggap tepat bagi para pensiunan untuk menghabiskan masa tua di negara-negara tersebut.

Beberapa orang mungkin merasa sedih saat mulai memasuki masa pensiun. Namun, ada pula yang justru merasa senang karena terbebas dari berbagai tuntutan pekerjaan. Ya, pensiun dini memberikan banyak waktu luang bagi Anda untuk beristirahat dan bepergian, tapi terkadang membuat frustrasi yang ditandai dengan menurunnya kesehatan. Lantas, pensiun dini membuat tubuh lebih sehat atau justru sebaliknya, ya? Temukan jawabannya pada ulasan berikut ini.

Panjang Umur dengan Rajin Beres-Beres Rumah
02/07/2018 | Administrator
Riset Journal of the American Geriatrics Society pada tahun 2017 menunjukkan aktivitas fisik menurunkan risiko kematian pada orang tua.